Apa itu Lean Startup

Lean Startup merupakan metodologi dalam membangun usaha baru atau produk baru dengan tujuan utama untuk memperpendek tahap-tahap dalam proses pembuatan produknya.

Metodologi Lean Startup bertujuan agar bisa diketahui lebih cepat juga apakah produk atau usaha baru tersebut merupakan ide / model bisnis yang dapat diterima oleh pasar.

Beberapa prinsip dasar dari Lean Startup adalah fail fast fail early, dimana uji validasi ide didorong mulai dari awal pendirian sehingga biaya dapat lebih dihemat ketika kegagalan sudah diketahui di awal mula dan perbaikan / penyesuaian dilakukan selagi proses berjalan (tidak menunggu hingga keseluruhan sudah jadi).

Lean Startup Methodology

Perbandingan dengan Lean Process

Ada banyak kesamaan secara prinsip dasar antara Lean Startup dengan lean process yang lain seperti lean manufacturing dan lean software development.

Metode Lean Startup punya tujuan untuk menghindari praktik pemborosan dan meningkatkan value kepada customer mulai semenjak awal pembuatan sehingga peluang sukses lebih tinggi tanpa membutuhkan biaya start-up yang besar di awal ataupun usaha untuk pembuatan produk yang sempurna di awal.

Single Product Development

Lean Startup mendorong perusahaan yang bergantung dari keberhasilan satu produk untuk merilis MVP (Minimum Viable Product / produk yang minimum bisa layak untuk dipakai) demi mendapatkan feedback / masukan dari pelanggan sehingga produk yang dibuat dapat sesuai dengan kebutuhan pelanggan secara khusus.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *